April 23, 2024

Corporate Nex Hub

Bringing business progress

Melalui HUB.ID Partner Day x Nex-BE Fest, Kolaborasi Perkuat Startup Digital dengan Lintas Industri

3 min read

balitribune.co.id | Mangupura – HUB.ID yang dioperasikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika berkolaborasi dengan MDI Ventures melalui kegiatan HUB.ID Partner Day x Nex-BE Fest berlangsung di Nusa Dua, Kabupaten Badung 13-14 September 2023 untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital melalui sinergi dan kolaborasi antara startup dan mitra bisnis dari berbagai sektor, baik itu BUMN, korporasi swasta, pemerintah pusat dan daerah, serta organisasi riset (Universitas). 

Kegiatan HUB.ID Partner Day x Nex-BE Fest kali ini mengusung tema Fostering Synergy Networks for Stronger Digital Economic Growth yang dihadiri Nezar Patria, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, I Nyoman Adhiarna, Direktur Ekonomi Digital Kemkominfo, Tedi Bharata, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, jajaran direksi BUMN, Telkom Group, dan sejumlah korporasi swasta.

Wakil Menteri Nezar Patria mengatakan, pembelajaran dari fenomena tech winter menekankan pada pentingnya membangun produk yang tepat dengan model bisnis profitable dan scalable. “Startup perlu didukung membangun jejaring yang kuat dengan mitra strategis bagi pertumbuhan startup seperti yang dilaksanakan pada HUB.ID Partner Day x Nex-Be Fest 2023” selama dua hari berjalan, acara HUB.ID Partner Day x Nex-BE Fest 2023 diisi dengan startup exhibition yang menghadirkan booth untuk 25 startup binaan HUB.ID Accelerator bisa memperkenalkan brand dan produknya dan kegiatan diskusi panel,” jelasnya usai membuka HUB.ID Partner Day x Nex-Be Fest 2023 di Nusa Dua, Badung, Rabu (13/9).

Setelah diskusi panel berakhir, dilanjutkan dengan kegiatan utama dalam gelaran acara HUB.ID x Nex-BE Fest 2023 yaitu Business Matchmaking yang mempertemukan 80 startup binaan HUB.ID Accelerator dan Telkom Group dengan 80 mitra bisnis selama 2 hari berlangsung dengan 6 sesi meeting setiap harinya. 

Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi besar dalam ekonomi digital seiring dengan banyak masuknya investasi untuk usaha baru yang berbasis teknologi. “Kegiatan ini adalah salah satu solusi dari Kemkominfo yang membantu pertumbuhan bisnis startup digital,” ujar Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). 

Kata dia, pemerintah dalam hal ini secara khusus Kominfo telah bergerak secara dinamis tidak lagi hanya sebagai regulator, tetapi juga fasilitator dan akselerator. Pertumbuhan startup digital di Indonesia telah dimulai dengan membentuk gerakan untuk mengangkat ide-ide inovatif, lalu bibi-bibit founders, sampai kemudian ada pengembangan SDM yang berstandar kompetensi global. 

Semua kebijakan dan program di sisi hilir tersebut, harus didukung dengan adanya dukungan di sisi hulu. Menurutnya, yang dibutuhkan startup digital setelah mendapatkan talent tentunya adalah bisnis berkelanjutan. “Terjadinya sinergi dan kolaborasi antara startup dan berbagai korporasi selama dua hari dalam acara HUB.ID Partner Day x Nex-BE Fest 2023 diharapkan dapat menciptakan solusi-solusi baru yang positif baik mutual maupun beneficial bukan cuma untuk startup tapi juga untuk seluruh Business Partner yang terlibat,” kata Semuel. 

Kemkominfo mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia mengingat startup terus bertumbuh. Tahun 2030 ekonomi startup digital di Tanah Air akan tumbuh mencapai US$ 220 miliar dalam waktu 7 tahun kedepan. Ekosistem startup digital akan menjadi penggerak ekonomi nasional. 

Kegiatan ini tidak hanya menghasilkan kolaborasi dengan Kominfo akan tetapi menjadi sinergi lintas pemangku kepentingan. Kolaborasi ini akan terus diperkuat, sehingga ekosistem ekonomi startup digital untuk pertumbuhan ekonomi bisa terjaga dan stabil. Diharapkan 2030 mencapai target pelaku bisnis digital di dunia. 

Peran Kominfo dalam meningkatkan ekonomi startup digital yakni dengan menyemarakkan gerakan startup, dan program HUB.ID ini salah satunya ditujukan untuk memperkuat apa yang sudah dibangun lewat gerakan 1.000 startup. Selain itu program-program lain yang mendukung pembangunan ekosistem ekonomi digital dengan mendidik talent-talent digital sebanyak mungkin dan responsif.

Tidak hanya Kominfo, Kementerian BUMN pun berperan dalam meningkatkan ekosistem ekonomi digital dengan komitmen berkolaborasi bersama mitra-mitra untuk mengembangkan ekosistem startup, dan dinilai perlu mendapatkan mentoring.


link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.