July 20, 2024

Corporate Nex Hub

Bringing business progress

Marketing Sales Ciputra Tembus Rp 10,2 Triliun, Rekor Tertinggi di Sektor Properti Halaman all

3 min read

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Ciputra Development Tbk (CTRA) menorehkan sejarah penting sepanjang usia 43 tahun perjalanan perseroan, yakni tembusnya angka marketing sales pada 2023 senilai Rp 10,2 triliun.

Hal ini terungkap dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang diselenggarakan di Ciputra Artpreneur Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Sementara pendapatan dan laba bersih tercatat masing-masing sebesar Rp 9,3 triliun dan Rp 1,8 triliun.

Pencapaian marketing sales tersebut tak hanya merupakan rekor tertinggi dalam sejarah perusahaan, juga di antara emiten sektor properti dan real estate di Indonesia.

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) sebagai rival terbesarnya hanya mencetak angka Rp 9,5 triliun. Demikian pula dengan emiten-emiten kelas naga lainnya, di bawah pencapaian perusahaan yang dirintis oleh mendiang Ciputra tersebut.

Direktur Utama CTRA Candra Ciputra menuturkan, rekor tertinggi tersebut berhasil diraih karena adanya komitmen dari seluruh manajemen dan karyawan Grup Ciputra.

Baca juga: Gedebage, Trend Setter dan Penyeimbang Pertumbuhan Primer Kota Bandung

Sepanjang tahun 2023, perseroan berhasil meluncurkan tiga proyek baru dan lebih dari sembilan klaster/ruko baru di proyek-proyek yang telah berjalan.

“Gencarnya peluncuran proyek dan klaster ini karena kami terus berupaya untuk tetap agresif menjaga momentum pertumbuhan bisnis,” ujar Candra.

Proyek baru yang telah diluncurkan yakni CitraGarden Serpong, Citra City Sentul dan CitraGarden Bintaro. 

Klaster baru yang diluncurkan selama tahun 2023 antara lain klaster Rochester Park, klaster Sentosa Cove, ruko Orchard Avenue di CitraLand Gama City Medan, klaster Pelican Hill, klaster Attic House, dan ruko One Arcade di CitraLand Surabaya.

Kemudian, klaster Aeroville Extension, klaster Forris Private, ruko The Garden, ruko Aeroprime di CitraGarden City Jakarta, klaster Varenna dan Le Sentier di CitraRaya Tangerang, dan ruko C Walk di CitraLand City Losari Makassar.

Baca juga: Ciputra Raup Rp 800 Miliar dari Penjualan Perdana CitraGarden Bintaro

Adapun pencapaian marketing sales Kuartal I-2024 sebesar Rp 3,3 triliun, setara dengan 30 persen dari target 2024, sebagaimana dikatakan Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan CTRA Tulus Santoso.

“Target marketing sales tahun 2024 yang ditetapkan sebesar Rp 11,2 triliun. Pencapaian ini 30 persen lebih tinggi dibandingkan pencapaian pada triwulan pertama pada tahun-tahun sebelumnya yang rata-rata sebesar 24 persen,” imbuh Tulus.

Oleh karena itu, dia optimistis tren positif ini dapat diteruskan hingga mencapai target marketing sales tahun 2024.

Faktor pendukung yang dimiliki perseroan antara lain reputasi sebagai perusahaan yang baik dan terpercaya sehingga menjadi pilihan utama bagi pelanggan.

“Hal ini akan terus kami jaga dengan dukungan dari jajaran manajemen yang berpengalaman dan inovasi produk yang berkesinambungan,” cetus Tulus.

Proyek baru

Head of Investor Relations CTRA Aditya Ciputra Sastrawinata menjelaskan, untuk mendukung pencapaian target marketing sales tahun 2024, CTRA meluncurkan proyek baru dan juga klaster baru di proyek yang sedang berjalan.

Baca juga: Astra Land dan Sinarmas Bangun Perumahan Rp 2,6 Triliun di Cibubur

Mulai Kuartal II-2024 sampai akhir tahun, perseroan akan meluncurkan satu proyek baru, CitraLand Gresik Kota di Jawa Timur, dan berbagai peluncuran klaster dan ruko baru CitraGarden Serpong, CitraLand Gama City Medan, Citra City Sentul, dan CitraLand Surabaya.

“Secara total sampai akhir tahun, kami mengincar Rp 3,5 triliun dan Rp4,0 triliun dari peluncuran-peluncuran baru tersebut, dan sisanya akan datang dari penjualan stok,” ucap Aditya.

Selain itu, pihaknya juga akan memaksimalkan insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP) yang berlaku hingga akhir tahun 2024.

Dalam RUPST tersebut, CTRA juga membagikan dividen tunai kepada pemegang saham dengan total nilai sebesar Rp 389 miliar, atau Rp 21 per saham.

Dividen tunai ini adalah 21 persen dari alokasi penggunaan laba bersih tahun buku 2023. 

 

 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.